Blogger Jateng

Apa itu Google Authenticator dan bagaimana cara mengaktifkannya?


Diartikel ke empat puluh sembilan ini, Saya akan memberikan Penjelasan dan Tutorial mengenai Google Authenticator.

Hallo Brada,

Diartikel ke empat puluh sembilan ini, Saya akan memberikan Penjelasan dan Tutorial mengenai Google Authenticator.

Apa itu Google Authenticator?


Google Authenticator adalah aplikasi keamanan akun 2 langkah yang dimiliki oleh perusahaan terbesar didunia yaitu Google.

Nama lain dari Google Authenticator yaitu 2 Factor Authenticate (2 FA Code) atau 2 Faktor keamanan.

Fungsi dari aplikasi ini yaitu agar akun dari aplikasi ataupun website Anda menjadi aman dari serangan Hekel ataupun phising. Karena ketika ingin Login dan melakukan sesuatu mengenai akun yang telah di aktifkan Google Authnya, Maka sang pemilik akun harus memasukkan 6 digit kode yang dihasilkan dari Google auth dan 6 Digit kode ini akan terus berganti dalam waktu 30 detik.

Setiap akun akan menghasilkan kode yang berbeda dari akun yang lain. Jadi sulit bagi Kang Hekel untuk masuk ke Akun Anda, Karena harus memasukkan kode yang dihasilkan dari Google Auth yang dihasilkan dari perangkat Anda.


Cara mengaktifkan Google Authenticator


1. Pertama, Silahkan mendownload apk Google Auth disini. Jika sudah didownload, Langsung saja buka apknya.

2. Kedua, Setelah Anda berhasil masuk ke apknya maka Anda akan diberikan sedikit informasi mengenai Gauth. Silahkan pilih "Begin Setup".

3. Ketiga, Anda sudah berhasil Masuk ke apk Gauth. Langkah selanjutnya yaitu pilih ikon "+" yang berada di bawah sebelah kanan halaman.

Akan ada dua pilihan yaitu Pindai kode batang dan masukkan kunci yang diberikan.

Penjelasan:

1. Pindai kode batang
Pindai kode batang yaitu mengaktifkan Verifikasi 2 langkah dengan cara mengarahkah kamera pada Kode QR yang telah diberikan dari suatu Website/Aplikasi.

2. Masukkan kunci yang diberikan
Masukkan kunci yang diberikan yaitu mengaktifkan Verifikasi 2 langkah dengan cara memasukkan kode huruf dan angka yang telah diberikan dari suatu Website/Aplikasi.

Jika sudah melakukan cara diatas, Silahkan ikuti petunjuk selanjutnya.

Nah, itulah informasi mengenai Google Authenticator. Jika Anda mempunyai pertanyaan ataupun pengalaman, Silahkan berkomentar dibawah.

Terimakasih.

Posting Komentar untuk "Apa itu Google Authenticator dan bagaimana cara mengaktifkannya?"